Senin, 16 April 2012

Motivasi dalam Organisasi

Pengertian motivasi dan proses motivasi

Pengertian Motivasi
Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti dorongan atau menggerakan. Motivasi(motivation). dari pengertian itu maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sesungguhnyamotivasi adalah dorongan yang menggerakan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas atautindakan tertentu.Dalam kehidupan, motivasi memiliki peranan yang sangat penting karena motivasi adalah halyang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung prilaku manusia,supaya mau bekerja giat danantusias mencapai hasil yang optimal ( Hasibuan 2001 :141). Tanpa adanya motivasi dalam diriseseorang maka dapat dipastikan bahwa orang itu tidak akan bergerak sedikitpun dari tempatnya berada.

oontz, O¶Donnell, Weihrich
(1993:115&117) sendiri menyatakan bahwa: Motivasimerupakan sutu rantai reaksi yang diawali dengan adanya kebutuhan yang menimbulkankeinginan atau upaya mencapai tujuan yang selanjutnya mencapai tensi (ketegangan ) yaitukeinginan yang belum terpenuhi yang kemudian menyebabkan timbulnya tindakan yangmengarah kepada tujuan dan akhirnya memuaskan keinginan Ia juga mengatakan bahwaMotivasi mengacu pada dorongan dan upaya untuk memuaskan suatu keinginan atau tujuan.

Proses Motivasi
Proses motivasi berawal dari adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi sehingga menciptakanketegangan yang menimbulkan dorongan-dorongan dalam diri seseorang. Dorongan-dorongan inimenimbulkan upaya pencarian guna memenuhi atau memuaskan kebutuhan, pada akhirnya tekananyang dirasakan menurun. Pada saat tekanan menurun, maka motivasi juga menurun. Karena itu,tekanan-tekanan yang proporsional harus dilakukan secara kontinyu agar dorongan untuk bertindak selalu hidup dalam diri seseorang.

http://www.scribd.com/doc/40820797/Motivasi-dalam-organisasi

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management