Kamis, 12 April 2012

DTP

Pada mulanya Komputer pribadi hanya digunakan untuk megelahan teks, tetapi akhirnya dipergunakan juga untuk memenuhi kebutuhan media cetak. Misalnya, dengan Teknologi Desktop Publishing yang dibantu komputer pribadi, kita dapat mencetak lembaran tertulis, lembaran propek, lembaran untuk seminar yang repsentatif, bahkan mencetak sebuah buku dengan baik.

Sampai saat ini, teks yang dibuat dengan computer pribadi dapat memenuhi segala persyratan kita, yaitu dapat menampilkan beranika ragam model huruf, sehingga secara optis akan tanpak memuaskan. Dengan terciptanya laser printer dewasa ini, maka jangkauan untuk mancapai tingkan modern pada media cetak akan semakin dekat. Jika dilihat dari sudut ilustrasi, program teks “word” sudah merupakan suatu program cetak. Dengan Desktop Publishing Software yang dibantu dengan scanner kita dapat men-sortir teks, gambar dan lampiran gambar, dapat mengolah dan menyusun suuatu dokumen bahkan dapat dilengkapi dengan garfik yang sempurna.

Siapa yang mengunakan teknik ini, harus mengethaui kemampuan yang dimiliki dari teknik ini. Dengan Desktop Publishing yang sederhana bersama matrix printer yang harganya tidah begitu mahal. Kita dapat mencetak satu majalah organisasi berita perkumpulan, yang kualitasnya tidak begitu baik. Jika kita menghasilkan hasil yang secara typografi dan optis yang baik, maka kita memrlukan laser printer yang mempunyai kemampuan kerja dengan 3000 titik untuk setiap inci di samping kekususan yang dimiliki oleh program Desktop Publishing yaitu memberikan kebebasan bagi pemakainya di dalam menyusun, dan memberian kesemapatan bermain dengan grafik, juga ada program khusus pembuatan naskah Satzprogram (satz = kata) yang amampu megendalikan cara kerja laser printer, sehingga sehingga dapat diterbitkan sebuah dokumen yang secara optis cukup memuaskan. Tetapi program membuat naskah untuk computer pribadi ini hanya mempunyai kemampuan yang sangat sederhana untuk mengkaitkan gambar ke dalam teks atau bahkan sama sekali tidak memiliki kemampuan tersebut. Bagian yang serasi antara program Desktop Publishing atau program cetak pada salah satu pihak dan program teks, bank data, program kalkulasi (=hitungan), program grafik dan scanner di lain pihak adalah titik tolak yang sangat penting untuk bisa mencapai hasil yang memuaskan.

Pada Desktop Publishing yang yang mempunyai perbandigan pada layar monitor ( seperti yang akan tercetak nanti ), maka computer pribadi yang murah akan terbentur pada kemampuannya. Barang siapa yang ingin bekerja secara profesinal, paling sedikit membutuhkan IBM PC-AT atau kompatibelnya yang bisa pekerjaan dengan cepat, atau lebih baik lagi computer yang mempunyai basis pada Intel Processor 80386. Ditambah lagi sebuah monitor untuk satu halaman, sebuah mouse untuk dapat mengendalikan data yang masuk, serta laser printer yang mempunyai kemampuan menghasilkan 3000 X 3000 titik setiap incianya dan juga menyimpan data untuk menyimpan data lebih dari 1(satu) MByte. Jika diperlukan kita dapat menggunakan scanner, yang mampu mengubah rancangan-rancanga yang sudah digitalisasi menjadi dokumen Desktop Publishing. Perlengkapan “hinghend” ini tidak diperlukan secara mutlak, jika kita igin bekerja dengan Desktop Publishing. Karena ke dua program Desktop Publishing yang tekenal bekerja dengan melayani permukaan GEM dari Digital Research dan Windows dari Microsoft, maka kita dapat mulai bekerja dari tingkat yang paling sederhana dengan suatu sistim yang tidak terlalu mahal, misalnya kita dapat bekerja dengan Schnieder PC, Atari ST atau Commodore PC. Untuk monitor, diusulkan mengunakan monitor monochrom dengan grafik card dari sebuah kompatibel Herkules saja karena Printer. Dalam hal ini dapat dipakai IMB Garafik Printer atau Epson Escape/P-Standard atau kompatibelnya dan dot matrik printer yang mempunyai 9 (sembilan) jarum. Atau siapa yang mempunyai printer NEC, dapat dengan NEC yang mempunyai sistim pergerakan printer yang khusus untuk program tahapan, yang bahkan dengan dot matrix printer itu dapat dihasilkan 300×300 titk setia inci.

Pada Desktop Publishing, kecepatan bukan merupakan hal yang terpenting. Tetapi karena pada monitor nanti akan tampak gambar, seperti pada hasil tercetak maka computer yang diperlukan ialah yang berkemampuan tinggi. Sebuah penyimpanan data (RAM) dengan kapasitas 640KByte sangatlah diperlukan, mengingat luasnya program. Di samping itu pada program yang dapat menciptakan gambar dan teks, dan juga sejumlah data yang penting pada proses pengelolahan gambar. Supaya kita dapat bekerja secara efektif, maka diperlukan PC yang mempunyai kemampuan menyimpan data lebih dari 20 MByte. Jika mungkin, laser printer dapat bekerja sama dengan HP Laserjet Plus atau Apple Laser Printer, yang bekerja dengan bahasa Printer Post Script. Dalam prkteknya nanti, kedua Laser Printer tersebut akan didukung penuh oleh program yang modern. Kecepatan dalam memberi hasil pada Printer itu dapat diabaikan, karena pada Desktop Publishing biasanya sistim cetaknya tidak akan bekerja dengan maksimal. Dalam hal ini pentrasferan data antara computer dan printer, dalam bentuk berlangsung agak lama dibandingkan waktu yang dibutuhkan oleh printer untuk mencetak. Gambar dan huruf ditulis dalam bentuk bit dan dikirim ke printer dalam bentuk bit juga.


http://kelompokkami.wordpress.com/dekstop-publishing/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management