Selasa, 29 Oktober 2013

Tugas UKM

Detail Usaha

Jenis Usaha : Usaha Kecil Menengah
Bentuk Usaha : Counter Pulsa & Accessories
Nama Usaha : Ajay Master Cell
Lokasi Usaha : Jl. Jatikubang Hebras bawah no.108 . Tambun Selatan - Bekasi
Waktu : 06.00 - 04.00 WIB

Wawancara
Mega : Apa saja yang di jual di toko atau konter anda ini?
Ajay : Kami menjual beberapa perangkat Handphone seperti casing handphone , headsheet , headphone, charger, memmory handphone , mp3, bahkan flashdisk dan lain – lain. Selain itu kami juga menjual pulsa isi ulang dari elektrik , voucher pulsa handphone , hingga token listrik.
Mega : Bagaimana awal anda memulai usaha anda ?
Ajay : Saya memulai usaha ini sejak tahun 2007. Ketika itu saya masih duduk di bangku sekolah menengah kejuruan, dan modal pertama saya berasal dari orang tua. Jujur saja, awalnya itu saya hanya sekedar iseng untuk mencoba menjual pulsa elektronik. Namun, lambat laun saya rasa bisnis ini bisa berkembang dengan banyak munculnya telepon genggam atau yang sering kita sebut dengan handphone .
Mega : Apa anda mempunyai pelanggan tetap dalam bisnis anda? Lalu siapa saja pelanggan – pelanggan anda?
Ajay : Ya Alhamdulillah , saya bersyukur , saya mempunyai beberapa pelanggan tetap. Kebetulan saya mempunyai tetangga yang bisa dibilang bos besar yang sekali membeli pulsa rata-rata bisa sampai Rp 50.000 – Rp 200.000 sendiri dalam sehari. Kemudian beberapa kerabat dekat, selain itu juga pelanggan di toko saya ini berasal dari semua kalangan dari kalangan kecil hingga atas, dari anak sekolah hingga dewasa. Yaa, anda tahu sekarang ini banyak sekali orang yang mempunyai telpon seluler.
Mega : Bagaimana cara pelanggan mengetahui barang-barang apa saja yang anda jual ? Misalnya mempromosikan, seperti itu?
Ajay : Kalau masalah itu, kami tidak menggunakan banyak media promosi. Selama ini, kami lebih mengandalkan strategi promosi dari mulut ke mulut.

Mega : Barang apa yang lebih sering terjual ?
Ajay : yang pastinya pulsa. Kalau perangkat seperti aksesoris handphone itu dalam sehari kurang lebih hanya terjual 20-30%. Padahal lebih untung menjual aksesoris daripada pulsanya.
Mega : Bisa tolong ceritakan mengenai omset yang anda terima perbulannya?

Ajay : Kalau di hitung rata-rata, dalam sehari saya bisa memperoleh omset sekitar Rp 20.000.000,00 sampai Rp. 30.000.000,00/ bulan dengan laba 15-20 %
Mega : Apa anda sering mengalami kendala dalam bisnis anda?
Ajay : Pasti ada. Banyaknya pesaing, yang mendirikan usaha serupa disekitar wilayah usaha kami. Juga dalam hal barang bergaransi yang rusak yang harus kami retur atau kembalikan untuk diganti yang baru pada pelanggan.
Mega : Kalau anda me-retur barang , berarti anda merugi?
Ajay : Dalam bisnis, untung rugi itu biasa. Kalau me-retur barang, kami merugi di waktu dan kepercayaan pelanggan.
Mega : Lalu bagaimana cara anda menarik kembali kepercayaan pelanggan anda?
Ajay : Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik.
Mega : Apa harapan kedepan untuk bisnis anda?
Ajay : Harapannya yang pasti , agar bisnis saya ini semakin maju .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management